top of page
Search
  • layananseo6

Layanan JAsa Pembuatan Website Seo Friendly

Bagaimana cara membuat website Anda SEO friendly?

Apakah dihadapkan dengan desain ulang atau membangun website dari awal, SEO harus selalu memainkan peran utama dalam pendekatan strategis Anda karena ini adalah salah satu saluran pemasaran paling penting untuk mendapatkan pelanggan. Meskipun SEO bukanlah tugas satu-dan-selesai, itu sangat menguntungkan dengan kemampuannya untuk secara pasif mengarahkan lalu lintas dan penjualan bahkan dengan sedikit usaha.


Meningkatkan keramahan-SEO website berarti bahwa mesin pencari memiliki akses ke halaman-halaman penting dan dapat merayapi dan mengindeksnya. Selain itu, ini melibatkan pemahaman konten setiap halaman dan menentukan apakah mereka layak untuk muncul di hasil pencarian. Dengan demikian, mempertimbangkan SEO sangat penting baik selama tahap perencanaan strategis dan pelaksanaan taktis website, karena menginformasikan desain dan tata letak website serta strategi konten.


Selain itu, meskipun praktik SEO serupa di seluruh mesin telusur pada umumnya, penting untuk mempertimbangkan platform mana yang akan menjadi pendorong utama lalu lintas Anda dan mengoptimalkannya sesuai dengan pedoman mereka. Ini terutama tergantung pada audiens target Anda, karena beberapa segmen konsumen memiliki porsi lebih besar yang berasal dari Bing dan Yahoo.


Namun, untuk sebagian besar kasus penggunaan, Google mengungguli mesin pencari lainnya, mengingat dominasi pangsa pasarnya yang kuat sebesar 92% . Jadi dengan mengingat hal itu, mari kita lihat langkah-langkah tepat untuk meningkatkan keramahan seluler website Anda. Meskipun kami menyesuaikan konsep ini sesuai dengan pedoman Google, konsep ini juga sesuai dengan pedoman yang ditawarkan oleh mesin telusur lain.


Berikut adalah 15 langkah untuk membuat website Anda SEO friendly:


1. Mulailah dengan membuat rencana SEO top-down

Hal pertama yang mutlak harus Anda lakukan, apakah Anda membuat website ramah-SEO dari awal atau mendesain ulang situs yang ada, adalah membuat rencana . SEO bisa dan harus strategis, dan dengan membuat rencana, Anda menghilangkan dugaan, yang semakin memburuk seiring waktu.


Semakin sedikit Anda merencanakan website Anda, semakin banyak masalah yang Anda undang nanti. Dan ini berlaku untuk aspek strategis dan taktis situs Anda. Karena itu, dan terutama penting untuk meluncurkan situs baru, penting bagi Anda untuk membuat rencana top-down tentang cara mendekati SEO. Perencanaan top-down memungkinkan Anda untuk "merekayasa balik" skenario yang sempurna dan mencari tahu cara mencapainya.


Misalnya, kesalahan strategis akan menghindari brainstorming kata kunci dan penelitian kata kunci di awal. Ini dapat mencegah Anda membuat peta semua halaman penting yang nantinya akan membawa Anda lebih banyak lalu lintas. Pertimbangkan sebuah perusahaan jasa yang beroperasi di 2 kota. Merencanakan prioritas dan urutan halaman arahan mereka berdasarkan setiap kota sangat penting jika mereka ingin mendapatkan peringkat yang baik untuk kata kunci target mereka di kedua kota.


Sebaliknya, rencana bottom-up bekerja dari sumber daya yang Anda miliki saat ini. Ini dapat merusak kesuksesan SEO Anda dalam jangka panjang karena Anda cenderung mengambil jalan pintas. Misalnya, biasanya mengabaikan masalah taktis yang lebih kecil dalam perencanaan dari bawah ke atas – hanya untuk mencari solusi “on-the-go” nanti.


Dari perspektif SEO, masalah taktis seperti itu bisa menjadi tata letak halaman arahan yang buruk yang tidak memungkinkan Anda untuk menambahkan konten khusus. Ini tidak hanya dapat merusak konversi Anda – karena Anda memiliki lebih sedikit ruang untuk menyampaikan maksud Anda. Demikian pula, itu juga dapat membuat Google percaya bahwa konten di halaman penting Anda relatif tipis - dan dengan demikian, memprioritaskan Anda di Hasil Pencarian.


Memang, Anda dapat memperbaiki masalah ini nanti – tetapi seperti yang kami sebutkan, perbaikan “ad hoc” seperti itu berpotensi membawa lebih banyak masalah dalam jangka panjang. Melanjutkan contoh di atas, Anda dapat menghindari masalah halaman arahan dengan menggunakan beberapa plugin. Tetapi karena jumlah plugin bertambah, begitu juga waktu yang dibutuhkan situs Anda untuk memuat. Demikian pula, Anda sekarang akan memiliki permintaan pemeliharaan yang lebih tinggi – mulai dari waktu henti untuk memperbarui plugin hingga penyiapan yang semakin kompleks yang mengubah halaman Anda.


2. Buat arsitektur situs yang ramah SEO

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan agar website Anda lebih SEO friendly adalah arsitektur website Anda . Hirarki di mana halaman Anda disusun secara langsung memengaruhi cara mesin telusur memahaminya. Ini terutama berlaku untuk situs eCommerce dan situs dengan banyak halaman.


Secara alami, di website mana pun, beberapa halaman lebih penting daripada yang lain. Karena itu, Google ingin melihatnya diatur dengan cara yang "intuitif" sehingga mesin dan pengguna dapat memahaminya.


Akibatnya, dan kembali ke poin pertama di sini, Anda ingin membuat tata letak visual yang secara langsung memetakan website Anda sebelum Anda mulai membuat atau mendesain ulang.


3. Terapkan “halaman hub” yang ramah SEO

Laman hub, juga dikenal sebagai kluster topik dan hub konten , merupakan faktor penting lainnya saat merestrukturisasi atau membuat website Anda. Halaman hub adalah halaman yang menghosting sub-halaman konten yang relevan secara topikal. Pada dasarnya, peran mereka adalah membuat pusat konten yang menurut Google dan pengguna akhir relevan, terstruktur dengan baik, dan dioptimalkan dengan baik.


Misalnya, jika website Anda berfokus pada pemasaran, ini dapat menampilkan dirinya sebagai subjek yang sangat besar. Karena itu, memecah “Pemasaran” menjadi hub yang relevan dapat meningkatkan kinerja SEO dari masing-masing hub tersebut. Berdasarkan contoh, hub tersebut akan menjadi "Pemasaran Konten", "SEO", "Iklan Facebook", dll.


Masing-masing berfungsi sebagai "pilar konten" sendiri, di mana pengguna hanya menemukan artikel yang paling kontekstual. Dengan cara ini, pengguna secara alami dapat menjelajahi konten dan menemukan artikel yang lebih relevan. Ini juga lebih mudah bagi Anda untuk menghubungkan konten Anda dan dengan demikian membuat "jaringan konten" yang relevan secara topikal. Dan tentu saja, ini dapat mempromosikan halaman Anda di Google Penelusuran.


Sebagai perbandingan, jika Anda tidak menampilkan hub tersebut dan hanya memiliki kategori umum “Pemasaran”, blog Anda bisa terlihat berantakan. Pengguna akan kesulitan menemukan konten yang menurut mereka relevan. Demikian pula, Google juga akan kesulitan membangun "peta kontekstual" situs Anda.


Ini dapat merugikan Anda karena mencegah Anda menetapkan situs Anda sebagai otoritas pada subjek Anda. Dan seperti yang telah kita lihat, dalam beberapa tahun terakhir, tren peringkat yang baik di Google bergeser ke pakar materi pelajaran. Ini adalah segway yang bagus untuk tip berikutnya.


4. Tingkatkan MAKAN SEO Anda dengan “halaman penulis”

Dalam SEO, EAT adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness dan merupakan bagian dari Pedoman Penilai Kualitas Google . Meskipun umum untuk berspekulasi tentang EAT, pada tahun 2019, Google mengonfirmasi bahwa itu adalah bagian dari algoritme mereka.


Demi kesederhanaan, Anda dapat menganggap EAT sebagai kredibilitas. Dengan kata lain, apakah Anda cukup kredibel untuk menulis tentang (dan peringkat yang baik) untuk subjek Anda? Beberapa mata pelajaran membutuhkan EAT lebih sedikit daripada yang lain. Misalnya, meskipun selalu bermanfaat, subjek yang lebih berorientasi pada hobi seperti kerajinan tangan tidak memerlukan kredibilitas sebanyak keuangan dan kesehatan.


Terlepas dari kekuatan EAT yang ada di niche Anda, SEO setuju bahwa itu adalah elemen penting untuk peringkat – dan hanya akan menjadi lebih menonjol. Karena itu, Anda juga perlu menerapkannya di website Anda.


Dalam istilah praktis, ini berarti menunjukkan kredibilitas Anda dengan memiliki halaman khusus untuk penulis Anda. Di sana, Anda dapat (dan harus) menampilkan sebanyak mungkin materi yang kredibel – mulai dari pendidikan dan sertifikasi hingga pengalaman kerja sebelumnya dan kolaborasi dengan tokoh-tokoh berwibawa di bidang Anda.


Untuk menambahkannya, pastikan bahwa semua konten blog Anda memiliki penulis yang ditugaskan padanya. Dengan cara ini, Anda tidak hanya memanfaatkan kredibilitas yang ada tetapi juga membangun lebih banyak untuk masa depan.


Demikian pula, beberapa konten membutuhkan lebih banyak kredibilitas yang dapat Anda manfaatkan dengan mendatangkan para ahli. Banyak artikel di sektor keuangan dan medis sekarang diperiksa oleh para profesional yang memeriksa kebenaran konten.


Terakhir, sebagai catatan tambahan, EAT juga banyak berhubungan dengan SEO off-page. Ditampilkan di outlet media dan website yang relevan tentu saja membantu kredibilitas Anda dalam kehidupan nyata – dan dengan demikian, ini juga membantu kehadiran online Anda.


5. Gunakan desain responsif yang ramah seluler

Setelah Anda menyusun struktur website yang ramah SEO, inilah saatnya untuk mempertimbangkan salah satu aspek SEO modern yang paling penting: keramahan seluler. Bukan rahasia lagi bahwa Algoritma Google memprioritaskan website yang dioptimalkan dengan baik untuk perangkat seluler. Bagaimanapun, 56% dari semua lalu lintas pada tahun 2021 berasal dari perangkat seluler – dan trennya hanya akan berlanjut.


Karena Google mengetahui hal itu, algoritmenya dioptimalkan untuk memberikan Pengalaman Pengguna yang luar biasa tidak hanya bagi semua orang yang duduk di depan komputer mereka – tetapi juga bagi mereka yang menelusuri dari perangkat seluler. Akibatnya, Google juga meningkatkan perayap mereka sendiri – dan sekarang sebagian besar website berperingkat baik dirayapi dengan perayap seluler mereka “ smartphone Googlebot .”


Anda dapat melihat apakah Google menggunakan perayap ini untuk website Anda di Google Search Console. Namun, meskipun Anda melihat “Googlebot Desktop”, ingatlah bahwa pada akhirnya, semua website dialihkan ke perayap seluler – dan karena itu, website Anda harus siap untuk perubahan tersebut.


Dan itu penting karena perangkat seluler memiliki keterbatasannya sendiri – mulai dari prosesor dan jaringan yang lebih lambat hingga ukuran layar yang lebih kecil. Karena itu, website yang mengandalkan Google perlu beradaptasi dan membuat website yang cepat dan responsif. Ada dua aspek utama dalam mengoptimalkan website Anda untuk perangkat seluler.


Pertama, Anda perlu memastikan bahwa website Anda memenuhi standar teknis yang menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa. Melakukan hal ini termasuk memiliki website yang dimuat dengan cepat yang dapat diskalakan dengan baik di perangkat seluler dan tidak menampilkan elemen yang mengganggu seperti popup dan pengguliran horizontal.


Kedua, dan masih sama pentingnya, adalah mengoptimalkan konten Anda untuk perangkat seluler. Ini termasuk ukuran font teks dan judul utama Anda, memiliki tata letak halaman yang terstruktur dengan baik di mana perangkat seluler dapat melihat semua konten, dan menampilkan gambar yang dioptimalkan yang mudah dilihat di perangkat seluler. Oleh karena itu, menyembunyikan elemen di ponsel saja tidak cukup.


6. Tambahkan halaman terpenting Anda ke menu utama

Menindaklanjuti poin sebelumnya, ketika mempertimbangkan tata letak website Anda – termasuk versi selulernya – Anda perlu melihat menu navigasi Anda secara strategis .


Seharusnya tidak mengherankan bahwa website yang ramah SEO memiliki navigasi yang bagus. Dalam beberapa tahun terakhir, tren SEO telah dengan jelas memantapkan dirinya sebagai memberikan pengalaman yang paling bermanfaat bagi pengguna akhir. Dengan kata lain, SEO dan UX bergabung dengan kecepatan yang terus meningkat.


Karena itu, saat mendesain website yang ramah SEO, tujuan Anda adalah membuatnya senyaman dan semudah mungkin dinavigasi. Salah satu cara yang bagus untuk melakukannya adalah dengan menyusun menu navigasi Anda sehingga mempromosikan halaman yang Anda inginkan untuk dilihat oleh calon pelanggan Anda.


Misalnya, jika Anda adalah perusahaan jasa, menu utama Anda harus menampilkan halaman dengan layanan individual yang Anda berikan. Jika Anda menawarkan produk, Anda dapat mengambil pendekatan serupa dengan menampilkan kategori untuk produk Anda. Untuk blogger, halaman tersebut adalah kategori topik blog.


Melakukan hal ini juga mengundang Google untuk merayapi dan mengindeks lebih banyak halaman Anda. Bagaimanapun, ini adalah halaman paling berharga di website Anda. Dengan menambahkan tautan internal dari menu navigasi, Anda memastikan bahwa Google juga mengenalinya.


7. Tautkan halaman sekunder penting di footer

Sebagian besar website hanya memiliki beberapa halaman yang benar-benar layak mendapat tempat di navigasi utama. Karena itu, dan untuk menghindari kekacauan, opsi bagus lainnya untuk menghubungkan website Anda secara efektif adalah dengan menautkan halaman penting Anda di footer.


Tautan footer bukanlah faktor langsung yang besar untuk SEO itu sendiri. Namun, mengikuti logika dari poin sebelumnya, mereka adalah faktor Pengalaman Pengguna yang hebat – dan secara tidak langsung dapat meningkatkan peringkat website Anda.


Tautan footer secara alami mempromosikan pengguna Anda untuk menjelajahi konten di website Anda. Artinya, meskipun pengguna datang untuk alasan yang berbeda, mereka membuka peluang bagi mereka untuk menemukan konten yang relevan dan, dengan demikian, mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda. Dengan cara ini, mereka meningkatkan pencitraan merek Anda – dan memiliki merek yang kuat merupakan faktor penting untuk mendapatkan peringkat yang lebih mudah dan lebih tinggi di Google Penelusuran.


Untuk memberi Anda contoh praktis, inilah Google Analytics kami yang menampilkan entri menuju peta jalan pengembangan perangkat lunak kami dari semua halaman lain di website.




Seperti yang Anda lihat, dalam sekitar 5 bulan, ada lebih dari 300 tampilan halaman – dengan waktu rata-rata di halaman lebih dari 3 menit. Secara umum, ini berarti ada lebih dari 300 peluang untuk menciptakan duta merek. Pengembalian investasi yang luar biasa hanya dengan menambahkan halaman itu ke footer!


8. Siapkan struktur URL yang ramah SEO

Berbicara tentang halaman, mari kita lihat lebih dalam elemen yang membuat halaman – yaitu, struktur URL. URL ramah SEO sangat penting untuk peringkat tinggi di Google dan berfungsi sebagai faktor tidak langsung yang meningkatkan atau memperburuk Pengalaman Pengguna.


Dengan kata lain, menampilkan kata kunci di URL Anda sendiri tidak akan memberi peringkat tinggi pada website Anda – namun, tidak melakukannya dapat merusak potensi Anda untuk peringkat tinggi. Itu karena, mirip dengan tag judul halaman dan deskripsi meta Anda, pengguna secara intuitif memahami konten halaman yang mereka klik dari URL Anda. Selain itu, mesin pencari seperti Google menggunakan URL untuk memahami konten halaman Anda.


Pengguna lebih cenderung mengeklik URL yang cocok dengan penelusuran mereka daripada URL umum yang tidak menunjukkan apa yang ada di laman yang akan mereka kunjungi. Karena Google menggunakan Sinyal Pengguna tersebut untuk menilai apakah suatu halaman pantas berada di urutan teratas, URL memainkan peran penting dalam meyakinkan pengguna bahwa halaman tersebut relevan bagi mereka.


Perhatikan contoh berikut. Seorang pengguna menelusuri “apa yang dimakan shiba inus.” URL yang dioptimalkan dengan buruk berisi angka, memiliki banyak garis miring (yaitu, "partisi" atau "subfolder"), dan tidak memberikan konteks yang relevan dengan apa yang akan muncul di halaman.


Berlawanan dengan itu, URL yang baik sangat cocok dengan frasa pencarian pengguna – dan dengan demikian memberikan informasi yang relevan tentang halaman tersebut. Bahkan, Anda dapat melihat tren ini di seluruh hasil pencarian. Sebagian besar website berperingkat baik di halaman 1 memiliki URL yang ramah SEO.



Terakhir, memiliki URL kontekstual yang dioptimalkan dengan baik juga membantu pengunjung yang kembali, karena browser web seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox menawarkan saran URL langsung saat pengguna mengetik di bilah pencarian.


9. Jadikan URL Anda dapat ditemukan dengan menggunakan peta situs

Sekarang setelah kita membahas URL, mari kita lihat mengaktifkan Google untuk menemukan semuanya dengan membuat peta situs . Namun, kemampuan URL Anda untuk dapat ditemukan tidak terbatas hanya pada tautan yang muncul di laman Anda.


Misalnya, anggap Anda membuat halaman arahan promosi yang tidak dapat Anda muat di menu navigasi Anda. Dalam kasus seperti itu, Google masih dapat menemukan URL jika ada di file peta situs Anda.


Intinya, peta situs adalah file XML yang mencantumkan semua URL yang dapat dirayapi di website Anda, bersama dengan beberapa metadata seperti tanggal diterbitkan. Mengirimkan file ini ke Google Search Console memungkinkan Google menemukan halaman baru Anda lebih cepat dan lebih efisien.


Fitur ini sangat bagus untuk halaman yang tidak memiliki banyak (atau apa pun) tautan internal – yang akan sulit ditemukan oleh Google.


Sebagian besar platform CMS modern seperti WordPress memiliki banyak plugin (mirip dengan Yoast SEO ) yang memungkinkan Anda membuat dan memelihara peta situs secara otomatis. Dalam beberapa skenario di mana Anda menggunakan website yang dibuat khusus, Anda dapat menggunakan alat dengan fitur pembuat peta situs seperti Screaming Frog . Namun, perlu diingat bahwa peta situs yang dibuat secara manual perlu dibuat ulang secara teratur. Jika tidak, mereka tidak akan menampilkan URL yang dipublikasikan setelah Anda membuatnya.


10. Pastikan robots.txt dan meta robot memungkinkan perayapan

Kami telah membahas cara membantu Google menemukan laman Anda – tetapi bagaimana dengan kemampuan perayapannya? Kesalahan paling parah yang dapat Anda lakukan dari perspektif SEO adalah melarang mesin pencari seperti Google mengindeks website Anda.


Menyiapkan file robots.txt dengan benar sangat penting dalam memungkinkan perayap mesin telusur di website Anda. Demikian pula, Anda juga dapat menghapus indeks konten penting per halaman menggunakan tag meta robots .


Karena itu, Anda perlu memastikan keduanya diatur dengan benar sehingga Google diizinkan di website Anda.


Ini adalah kesalahan umum yang dapat diizinkan oleh SEO atau pengembang website yang kurang berpengalaman, terutama selama desain ulang dan migrasi website. Itu karena website yang sedang dibangun biasanya diatur pada apa yang dikenal sebagai "lingkungan pengembangan" sehingga website langsung tetap dapat berfungsi di samping.


Sekarang, tidak satu pun dari pengaturan ini yang rumit; Namun, efeknya bisa sangat keras. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk secara teratur memeriksa apakah file robots.txt Anda berfungsi (atau bahkan ada) karena dokumen ini cukup penting untuk kesehatan website. Kami sering menyarankan agar orang secara teratur menggunakan alat untuk merayapi website mereka – yang juga menyoroti masalah kesehatan website penting lainnya.


11. Tingkatkan UX dengan mengurangi waktu pemuatan halaman

Pengaturan teknis website Anda sangat penting dalam SEO karena memengaruhi Pengalaman Pengguna. Memiliki website yang memuat cepat adalah salah satu aspek inti yang perlu Anda fokuskan jika tujuan Anda adalah membuat website yang ramah SEO.


Selain itu, website yang cepat juga memiliki kinerja yang lebih baik pada semua metrik bisnis lainnya. Pengurangan 100 md dalam waktu muat website meningkatkan konversi sebesar 8,4% untuk website ritel . Demikian pula, ini meningkatkan konversi untuk website perjalanan sebesar 10,1%.


Tapi ada lagi. Jika Anda memiliki website yang memuat lambat, ini juga dapat mencegah Google merayapi dan mengindeks semua URL Anda – karena harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk itu.


Faktanya, meskipun Google dapat menemukan dan mengindeks halaman Anda, ia memahami bahwa kinerja website Anda tidak optimal dan tidak akan memberikan Pengalaman Pengguna yang baik. Dengan demikian, mereka cenderung menurunkan situs Anda dari Hasil Pencarian.


Berikut adalah beberapa area di mana Anda dapat meningkatkan waktu muat halaman Anda:


Hapus skrip yang tidak digunakan

Minimalkan skrip

Tambahkan caching sisi server

Tambahkan caching ke website Anda

Optimalkan gambar

12. Tingkatkan SEO website Anda dengan mengoptimalkan gambar

Berbicara tentang gambar, mari kita lihat bagaimana mereka memengaruhi keramahan SEO website Anda. Gambar yang terlalu besar adalah salah satu hasil paling rendah dalam hal mengoptimalkan kecepatan website Anda.


Pertama, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan format gambar yang tepat untuk pekerjaan itu. JPG sangat bagus untuk foto aktual yang Anda ambil, sementara PNG optimal untuk grafik yang dibuat secara digital.


Selanjutnya adalah resolusi gambar. Sebagian besar layar desktop bekerja dengan 1920x1080 piksel, sedangkan ponsel memiliki 1080x1920 piksel. Dengan demikian, tidak perlu mengunggah gambar berukuran besar – Anda tidak akan melihat peningkatan kualitas yang signifikan, sementara ukuran gambar akan berlebihan.


Bahkan, dalam banyak kasus, penggunaan gambar yang lebih kecil dari itu juga dapat diterima. Itu karena kami jarang melihat gambar dalam layar penuh – dan ketika mereka ditampilkan di, katakanlah, blog Anda, mereka secara alami akan menyusut oleh tata letak blog dan kotak pembatas.


Selain itu, dengan bantuan alat kompresi gambar online seperti TinyPNG , Anda dapat dengan mudah setengah ukuran gambar Anda. Untuk halaman arahan dan posting blog, pengguna harus mengunduh file yang lebih kecil – dan dengan demikian, halaman dimuat lebih cepat. Bagian terbaiknya adalah tidak ada perbedaan kualitas yang terlihat setelah kompresi, bahkan untuk mata yang terlatih.


Akibatnya, banyak plugin membantu Anda memuat gambar dengan lambat , yang selanjutnya mengurangi waktu yang dibutuhkan website Anda untuk memuat. Dan dalam beberapa kasus di mana konten Anda berkisar menggunakan banyak gambar, menggunakan Jaringan Pengiriman Konten mungkin menjadi solusi yang bagus karena menghilangkan beban dari server utama Anda.


Terakhir, sebagai bagian dari praktik terbaik SEO, ingatlah untuk memberi nama gambar Anda sesuatu yang relevan – dan sertakan teks alternatif yang membantu Google memahami isinya. Ini dapat meningkatkan peringkat konten utama Anda di Halaman Hasil Mesin Pencari dan memberi Anda beberapa lalu lintas yang relevan melalui Pencarian Gambar.


13. Atur hierarki yang tepat untuk tag Heading Anda

Elemen penting lainnya untuk keramahan-SEO adalah struktur tag-H Anda. Tag heading sangat penting untuk dua hal. Pertama, mereka menyediakan hierarki kontekstual dari konten halaman untuk mesin pencari sehingga mereka dapat memahami tentang apa halaman tersebut. Kedua, mereka penting bagi pengguna akhir. Artinya, mereka tidak hanya menyampaikan maksud Anda, tetapi juga membuat pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di halaman Anda dan membaca lebih lanjut. Misalnya, judul yang ditulis dengan baik bertujuan untuk mendorong pembaca menjelajahi konten Anda. Karena itu, ada beberapa praktik penting yang perlu Anda terapkan saat menulis berita utama.


Pertama, buat mereka memberi insentif dan dapat ditindaklanjuti. Gunakan kata-kata yang kuat untuk berkomunikasi agar pengguna bersemangat tentang apa yang akan datang. Demikian pula, gunakan kata kunci utama Anda dan variasinya dalam judul. Selain itu, judul yang pendek dan manis membantu pengguna menelusuri konten dan menemukan apa yang paling relevan bagi mereka. Terakhir, cobalah untuk membuat judul Anda tidak jelas.


Setiap orang telah membaca posting di mana yang Anda butuhkan hanyalah berita utama – dan Anda tidak ingin konten Anda menjadi salah satu artikel tersebut. Bersama-sama, ketiga kiat ini memastikan pengguna menemukan konten Anda relevan karena memberikan konteks.


Hal penting terakhir yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa judul Anda mengatur hierarki konten Anda di halaman. Sama halnya dengan laporan sekolah, halaman Anda harus memiliki hierarki tertentu yang secara tematis menghubungkan benua. Dalam hal halaman web, itu adalah H-tag. Selalu bertujuan untuk hanya memiliki satu tag H1 di halaman, karena ini menetapkan "topik" untuk halaman. Dari sana, titik balik utama dalam teks Anda dapat ditetapkan sebagai tag H2 – dengan H3, H4, H5, dan H6 berfungsi sebagai sub-judul untuk tag induk H2 yang relevan.


14. Tambahkan tautan internal di antara halaman-halaman penting

Karena kita sedang bertransisi ke masalah yang lebih taktis dan terkait konten, penting juga untuk mempertimbangkan tautan internal. Tautan internal tidak hanya cara yang bagus untuk melibatkan pengguna dengan memberi mereka informasi yang lebih relevan tetapi juga membantu peringkat halaman Anda lebih tinggi.


Struktur tautan internal yang baik dan kontekstual memungkinkan mesin pencari untuk lebih memahami konten Anda. Mereka adalah sinyal lain yang digunakan Google untuk membuat "kluster topikal" untuk website Anda.


Selain itu, sebagai manfaat sampingan, tautan internal membantu perayap mesin telusur menemukan halaman individual di website Anda. Ini sangat penting jika Anda memutuskan untuk tidak membuat peta situs, karena jika tidak, Google tidak akan dapat menemukan dan mengindeks halaman baru Anda.


Karena itu, Anda seharusnya tidak melihat tautan internal Anda sebagai pengganti peta situs Anda atau sebaliknya. Tautan internal juga membantu Google memahami halaman mana di website Anda yang menurut Anda lebih berharga. Semakin menonjol tautan di website Anda (tentu saja, dalam jumlah yang wajar), semakin Anda secara tidak langsung memberi tahu Google bahwa Anda ingin pengguna mengunjungi halaman ini – dan itu adalah sumber daya yang berharga.


Selain itu, peta situs tidak memberikan manfaat yang dibawa oleh tautan internal dalam hal meneruskan "jus tautan" di antara halaman Anda. Dengan demikian, peta situs tidak secara langsung memengaruhi peringkat Anda seperti halnya tautan internal. Karena itu, keduanya dimaksudkan untuk bekerja sama.


15. Tulis tag judul dan deskripsi meta yang unik

Tag judul dan deskripsi meta sangat penting untuk benar-benar mendapatkan sesuatu dari semua upaya SEO Anda. Bahkan website yang dioptimalkan dengan baik dapat berjuang untuk menarik pengguna dari mesin pencari jika halaman mereka tidak dianggap cukup memberi insentif oleh pengguna akhir.


Itu karena judul halaman dan deskripsi meta Anda, dengan cara tertentu, berfungsi sebagai spanduk promosi. Konten mereka dan pesan yang mereka sampaikan secara langsung memengaruhi pengguna – dan menentukan apakah mereka akan mengunjungi website itu atau mengeklik. Tujuan Anda di sini adalah membuat konten meta unik untuk setiap halaman yang menurut pengguna cukup relevan dan menarik untuk diklik.


Ketika mencoba membuat keputusan apa pun, kita mencari petunjuk di lingkungan kita . Demikian pula, pengguna memindai konten yang mereka temukan di halaman hasil, yang membantu mereka memutuskan ke mana harus mengklik. Membuat tag judul dan deskripsi meta yang relevan dan unik membantu pengguna memahami konten halaman bahkan sebelum mereka mengkliknya, yang mengurangi ketidakpastian.


Selain itu, melakukan itu akan mencegah mesin pencari seperti Google menjadi bingung tentang halaman mana yang harus mereka tampilkan di hasil pencarian.


16. Hindari konten tipis dan masalah duplikat konten

Dan sementara pada subjek membuat konten unik, Anda juga perlu memastikan bahwa tidak ada halaman Anda yang duplikat atau dangkal.


Ini penting, terutama selama desain ulang dan migrasi website, karena URL sering kali ditulis ulang. Dengan demikian, Anda perlu memastikan bahwa URL konten lama dialihkan dengan benar ke yang baru dan tidak ada halaman duplikat. Untungnya, menghindari kandungan tipis jauh lebih mudah dalam praktiknya karena seringkali dapat dicegah selama tahap perencanaan.



Setelah penjelasan diatas kalian mungkin sangat bingung karena tidak mengetahui soal apapun tentang pembuatan website ataupun seo. Maka dari itu kami meneyediakan jasa pembuatan website seo friendly yang bisa anda gunakan untuk membuat website busines atau online store anda.


1 view0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page